Mitos: Air Kelapa dan Ibu Hamil

Mitos Air Kelapa Muda dan Kehamilan

ibu hamilMitos kehamilan mengenai ibu hamil dan air kelapa muda, Anda mungkin sering mendengar bagaimana khasiat air kelapa muda bagi kehamilan. Beberapa ada yang mengatakan agar bayi memiliki kulit bersih, lebat rambutnya dan jernih matanya, bahkan yang menyebutkan untuk kelancaran ketika persalinan nanti.

Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan kebenaran mengenai khasiat air kelapa muda tersebut. Namun yang pasti, air kelapa muda memang mengandung berbagai zat bermanfaat bagi ibu hamil.

Elektrolit alami

Air kelapa muda berkhasiat menjadi isotonik alami yang kaya akan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Kandungan elektrolit dalam air kelapa yang sama dengan elektrolit tubuh, membuatnya sangat bermanfaat untuk rehidrasi serta memulihkan stamina tubuh. Khusus bagi ibu hamil yang membutuhkan banyak air dibandingkan orang lain, air kelapa muda sangatlah berguna.

Air kelapa juga memiliki sifat deuretik alami, sehingga dapat membantu meningkatkan aliran dan ferkuensi urin. Hal ini tentu menguntungkan bagi ibu hamil yang rentan menderita infeksi saluran kecing (ISK). Mengkonsumsi air kelapa dapat meningkatkan produksi kencing, sehingga meningkatkan pembuangan racun dan bakteri dalam tubuh.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Asam lauric (asam laurat) yang terkandung dalam air kepala muda sama dengan yang terdapat dalam air susu ibu. Memiliki karakteristik antijamur, antibakteri dan antivirus sehingga mencegah infeksi beberapa bakteri dan virus. Di antaranya HIV, protozoa giarda lamblia, bakteriklamidia dan heliokobater.

Memperbaiki pencernaan

Selama kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon progesteron di mana hormon ini dapat memperlambat kontraksi otot lambung sehingga terganggunya sistem penceraan. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan penceraan sehingga ibu hamil terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Air kelapa muda juga bebas dari lemak dan kolesterol, bahkan menurut penelitian mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Diluar mitos kehamilan yang beredar mengenai air kelapa muda, memang tidak ada salahnya bagi Anda, para ibu hamil untuk mengkonsumsi salah satu minuman alami ini. Selain rasanya yang nikmat juga memiliki banyak khasiat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *